Kursus Komputer Terbaik Lampung-Metro Techno Solution

MEMBUAT DATABASE PADA XAMPP

Assalamualaikum wr.wb...
Selamat siang guys....
Oke, perkenalkan nama saya putri jovanka saya sekolah di SMK PGRI Pasir Sakti. Dan saat ini saya sedang melaksanakan prakerin di Kursus Komputer Terbaik Lampung yaitu di METRO TECHNO SOLUTION .

Oke pada siang ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat database pada XAMPP. Oke guys silakan disimak penjelasannya dan video nya ya...



Cara Membuat Database DiXAMPP:


1) Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke phpmyadmin XAMPP. Silakan ketik di kolom browser Anda, alamat  berikut ini: localhost/phpmyadmin. Lalu pada layar Anda akan ditampilkan dashboard PHPMyAdmin.
2) Kemudian coba klik menu “Database”. Jika sudah, Anda coba masukkan nama database yang Anda inginkan (bebas). Setelah itu barulah Anda klik “Create” di pojok kanan bawah dalam kotak menu Database tadi. Catatlah apa nama database yang Anda masukkan itu, karena akan dipakai lagi ke depannya.
3) Langkah selanjutnya adalah menambahkan nama user bagi database yang sebelumnya sudah Anda buat (langkah nomor 2). Masuk ke database itu (Anda bisa menemukannya di bagian sebelah kiri layar). Setelah Anda masuk coba lihat menu dan klik “Privileges”, lalu klik “Add user” seperti pada gambar berikut.

4) Setelah Anda klik “Add User” tadi, akan ada form untuk membuat user baru yang muncul di layar. Cobalah isi dengan nama lain (bebas) dan hapalkan kembali nama tersebut untuk dipakai nantinya. Jika sudah, jangan lupa isi kolom “Host”. Untuk host, silakan pakai “use text field” kemudian isi dengan kata “localhost”. Lalu isi password sebanyak dua kali (isi dengan satu password yang sama). Terakhir, Anda bisa ke bagian bawah box, klik di pilihan “grant all privileges on database” seperti pada gambar berikut ini.
5) Tidak berhenti di situ, silakan scroll/gulir ke bagian bawah. Anda dapat melihat adanya opsi “Global Privileges”. Opsi ini berguna untuk kasih hak akses pada user dalam mengelola seluruh database yang ada. Jadi, klik saja “Check All”. Barulah, Anda klik “Add User” kembali. Sampai di sini Anda sudah berhasil buat database.

Okey guys itulah tutorial yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat buat kalian semua ya ...
Saya akhiri wassalamualaikum wr.wb...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kursus Komputer Terbaik Lampung-Metro Techno Solution

Kursus Komputer Terbaik Lampung-Metro Techno Solution

kursus komputer lampung-metro techno solution